KBRN, Sintang: Memberikan kemudahan kepada masyarakat mendapatkan air bersih untuk konsumsi saat banjir, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Senentang Sintang bekerjasama dengan Depot  yang direkomendasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang mendistribusikan air galon dengan sistim terpusat permintaan minimal sepuluh galon di lokasi yang tuju.

Direktur PDAM Tirta Senentang Sintang Jane Elisabeth Wuysang mengatakan meskipun banjir di sejumlah titik di Kota Sintang sudah surut, namun kebutuhan air galon masih cukup tinggi terutama bagi warga terdampak banjir dan pemukiman yang masih tergenang banjir.

“Iya kami memberikan layanan isi ulang air galon dengan sistim terpusat, lokasi yang dituju minimal keseluruhan ada sepuluh galon yang diisi, pengisian ulang galon diberikan secara gratis,” kata Jane, Kmais (18/11/2021).

Sementara itu Sekretaris Daerah kabupaten Sintang Yosepha Hasnah mengatakan Pemerintah Daerah melalui Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang saat banjir masih tinggi juga berupaya membantu masyarakat dalam suplai isi ulang air bersih sebanyak lima ribu liter per hari selama tiga hari di sejumlah titik di Kota Sintang.

“Kita bersyukur sekarang banjir sejumlah titik jalan yang sempat sulit dilintasi karena genangan banjir, kini mulai dapat dilalui, artinya ada kemudahan untuk mendapatkan air galon untuk konsumsi,” kata Yosepha. 

Dikatakan Yosepha pelayanan isi ulang air bersih mengingat beberapa akses jalan yang sulit dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat saat banjir menggenangi jalan lintas Melawi Sintang, kondisi genangan air di Jalan lintas Melawi semakin surut, maka kemudahan untuk mendapatkan air bersih isi ulang juga kembali normal.

Sumber: https://rri.co.id/sintang/daerah/1263016/pdam-tirta-senentang-sintang-berikan-layanan-isi-ulang-air-galon