Sintang: Salah seorang masyarakat Kota Sintang Erna mengungkapkan keinginannya untuk mendapatkan layanan sambungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Senentang Sintang untuk memenuhi kebutuhan air bersih keluarga meskipun pemasangan sambungan baru bervariasi berdasarkan luas bangunan.

Dari pantauan RRI memang belum seluruhnya masyarakat Kota Sintang menikmati layanan sambungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Senentang Sintang karena keterbatasan jaringan perpipaan Perumdam.

“Yah…pengen juga se dapat layanan air bersih dari PDAM, biayanya belum terkumpul, berharap ada keringanlah…,” ungkap Erna.

Menanggapi hal tersebut Direktur PDAM Tirta Senentang Sintang Jane Elisabeth Wuysang mengatakan PDAM Tirta Senentang Sintang terus berupaya memberikan pemerataan layanan, tahun ini kembali mengikuti program hibah air minum perkotaan dengan target sambungan sebanyak seribu lima ratus sambungan secara gratis untuk semua yang mengikuti.

“tahun ini kami kembali mengikuti program hibah air minum perkotaan secara gratis untuk semua yang mengikuti, data ini sudah kami masukan ke Kementerian Pekerjaan Umum,” kata Jane, Senin (17/1/2022).

Jane menjelaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan syarat untuk mengajukan sambungan gratis ini dengan ketentuan KWH listrik 1.300 kurang dari atau sama dengan, dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan pemasangan dilakukan setelah menerima surat perintah mulai kerja dari Kementerian PUPR.

“program hibah air minum perkotaan berkat dukungan dari Pemerintah Daerah kabupaten Sintang, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sintang yang berupaya memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Kementerian,” tambah Jane.

Sumber: https://rri.co.id/sintang/daerah/1328459/pdam-sintang-luncurkan-program-sambungan-gratis